Inilah Tahap Untuk Mendapat Sertifikasi Internal Audit

Inilah Tahap Untuk Mendapat Sertifikasi Internal Audit

CIA atau Certified Internal Auditor merupakan satu-satunya gelar sertifikasi yang diakui secara global untuk profesi auditor internal. Untuk memperoleh gelar tersebut, Anda wajib lulus dalam 4 bagian ujian di mana masing-masing merepresentasikan uji kompetensi dan juga profesionalisme di bidang audit internal. Untuk mendapatkan sertifikasi CIA atau menjadi Qualified Internal Audit, ada beberapa langkah yang perlu Anda perhatikan yaitu sebagai berikut.

Menentukan Sertifikasi yang Sesuai

Untuk memperoleh gelar CIA, Anda wajib lulus dalam 4 bagian ujian. Setiap ujian tersebut mewakili uji kompetensi dan profesionalisme di bidang audit internal. Selain CIA, sebenarnya ada beberapa sertifikasi lainnya yang dapat dipilih antara lain adalah Certification in Control Self Assessment atau CCSA, Certified Government Auditing Professional atau CGAP, dan Certified Financial Services Auditor atau CFSA. Setiap gelar harus melewati satu ujian. Jika Anda lulus, maka dapat menjadi kredit untuk ujian CIA bagian keempat.

Menentukan Kesiapan dan Keahlian

Setiap program sertifikasi menuntut para peserta memenuhi beberapa persyaratan, latar belakang pendidikan, keahlian, dan pengetahuan tertentu. Untuk melewati ujian tersebut dengan lancar, Anda yang memiliki latar belakang atau pemahaman yang kuat di bidang keuangan, manajemen, akuntansi, dan teknologi informasi biasanya akan lebih mudah melewati ujian CIA bagian pertama, kedua, dan ketiga. Untuk mengetahui seberapa tingkat kesiapan Anda menghadapi ujian, Anda dapat mengerjakan latihan – latihan soal yang saat ini sudah banyak tersedia. Meskipun skor latihan tidak selalu mewakili hasil yang akan diperoleh dalam ujian sertifikasi, skor tersebut setidaknya dapat menunjukkan tingkat kesiapan Anda sekaligus sebagai evaluasi bidang apa saja yang perlu perbaikan.

Mendaftar Ujian

Ujian sertifikasi internal auditor atau Qualified Internal Audit saat ini berupa tes berbasis komputer. Jadi ujian tersebut dapat dilakukan sepanjang tahun di berbagai tempat di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Pendaftaran tes dapat dilakukan secara online, kecuali untuk beberapa negara seperti Indonesia.

Persiapan Untuk Ujian

Agar ujian dapat berjalan dengan lancar, Anda dapat mengikuti kelas-kelas kursus persiapan ujian sertifikasi CIA atau bisa mempersiapkan diri secara mandiri. Beberapa perguruan tinggi di Indonesia juga sudah ada yang mengadakan kelas semacam itu. Bagi Anda yang berada di luar Jakarta dan ingin mempersiapkan diri secara mandiri, Anda dapat membaca buku atau mengerjakan soal-soal latihan dalam bentuk interaktif yang disusun oleh Wiley, Gleim, dll.

Mengambil Ujian

Ujian CIA dilakukan melalui teks berbasis komputer atau CBT. Pilihlah tempat ujian yang sudah bekerjasama dengan jaringan globak CBT Pearson VUE. Jadi Anda dapat mengikuti ujian di tempat tes yang dikelola Perason VUE. Ada 3 lokasi Pearson VUE di Jakarta yang dapat digunakan untuk ujian yakni di Senayan, Salemba, dan Pancoran.

Mendapatkan Sertifikat CIA

Jika Anda sudah melewati semua ujian dan lulus serta memenuhi semua persyaratan program, Anda berhak memperoleh sertifikat CIA yang Anda butuhkan. Sertifikat tersebut menjadi bukti legal formal bahwa Anda sudah melewati semua ujian CIA dan diakui secara global. Jadi di manapun Anda menggunakannya, sertifikat tersebut akan diakui misalnya untuk melamar pekerjaan atau sebagai syarat untuk kenaikan jabatan.

Demikian beberapa tips untuk mendapatkan sertifikat CIA. Supaya Anda melewati semua tes tersebut dengan lancar, maka alangkah baiknya jika Anda menyiapkan diri sejak jauh – jauh hari dan mempelajari materi-materi yang sering keluar dalam ujian CIA atau mengikuti kursus Qualified Internal Audit.

Related Articles

Bagaimana Agar Lulus Ujian CIA atau QIA Dengan Mudah?

Audit, tentu ada banyak hal yang harus dipersiapkan agar dapat melewati ujian tersebut dengan lancar dan mendapatkan sertifikat internal auditor. Belajar merupakan modal utama yang perlu disiapkan sejak jauh-jauh hari. Namun, bagi yang belum pernah mencoba mengikuti tes, Anda tentu penasaran apa saja persiapan dan materi yang harus dipelajari untuk ujian tersebut.

Responses