Persyaratan untuk Mendapatkan Sertifikat Qualified Internal Audit (QIA)

Bagi Anda yang memiliki latar belakang pendidikan akuntansi dan manajemen, mungkin salah satu profesi yang Anda inginkan adalah menjadi seorang auditor internal dalam suatu perusahaan. Akan tetapi, sebelum Anda dapat bekerja sesuai profesi impian Anda tersebut, Anda perlu mengikuti pendidikan dan kepelatihan untuk mendapatkan sertifikat Qualified Internal Audit (QIA). Lalu apa saja persyaratan yang perlu dipenuhi untuk mendapatkan sertifikat sebagai auditor internal tersertifikasi? Berikut ini adalah beberapa persyaratannya :

Memiliki jenjang pendidikan yang sesuai

Program sertifikasi untuk Qualified Internal Audit (QIA) ini dapat diikuti oleh masyarakat luas yang memiliki jenjang pendidikan yang sesuai. Peserta program sertifikasi QIA dapat diikuti oleh seseorang yang memiliki profesi sebagai auditor, maupun merupakan mahasiswa perguruan tinggi yang telah bekerjasama dengan pendidikan auditor internal dengan Dewan Sertifikasi Qualified Internal Auditor (DS – QIA). secara umum persyaratan dalam bidang pendidikan adalah peserta yang bersangkutan harus memiliki pendidikan formal D3.

Memiliki pengalaman kerja

Setelah Anda memenuhi persyaratan pendidikan yang ditetapkan, Anda juga perlu memenuhi persyaratan mengenai pengalaman kerja. Bagi Anda yang berniat untuk mendaftar dalam program sertifikasi Qualified Internal Audit (QIA) harus memiliki pengalaman kerja sebagai internal auditor atau yang setara selama kurang lebih satu tahun. Selanjutnya, setelah setiap syarat dapat dipenuhi, Anda perlu mengikuti berbagai jenjang pendidikan dan pelatihan dan mengikuti setiap ujian yang dilaksanakan pada setiap jenjangnya.

Materi pendidikan dan pelatihan

  1. Tingkat dasar I

Pada pendidikan dan pelatihan Qualified Internal Audit tingkat dasar I, Anda akan mendapatkan materi mengenai fondasi audit internal, standar profesi audit internal, akuntansi keuangan, manajemen keuangan, dan pelatihan mengenai perilaku organisasi. Di akhir jenjang dasar I selanjutnya Anda akan melakukan ujian, dan dapat mengikuti jenjang selanjutnya saat dinyatakan telah lulus ujian.

  • Tingkat dasar II

Jenjang selanjutnya adalah pendidikan dan pelatihan tingkat dasar II. Dalam tingkat ini Anda akan mendapatkan materi mengenai pengendalian internal & manajemen risiko, perencanaan & perangkat penugasan, teknologi informasi I, perpajakan, hingga keterampilan manajemen.

  • Tingkat lanjutan I

Setelah dinyatakan lulus tingkat dasar II, Anda dapat melanjutkan pendidikan dan pelatihan Qualified Internal Audit (QIA) pada tingkat lanjutan I. pada jenjang ini Anda akan memperoleh materi terkait pelaksanaan penugasan, audit sampling, teknologi informasi II, manajemen operasi, dan ekonomi mikro & makro.

  • Tingkat lanjutan II

Bagi Anda yang telah selesai ujian pada tingkat lanjutan II dan telah dinyatakan lulus ujian, Anda dapat segera melanjutkan pendidikan dan pelatihan pada tingkat lanjutan II. Pada tingkat lanjutan II materi pendidikan dan pelatihan yang diberikan di antaranya adalah : materi mengenai fraud auditing, komunikasi penugasan, perencanaan audit tahunan, dan materi mengenai audit operasional & kinerja. Selain itu Anda juga akan mendapatkan pendidikan dan pelatihan mengenai akuntansi manajemen dan teknologi informasi III. Di akhir jenjang lanjutan II, Anda akan mengikuti ujian dan bila lulus Anda dapat segera melanjutkan pendidikan pelatihan Anda pada jenjang akhir.

  • Tingkat manajerial

Tingkat manajerial merupakan jenjang terakhir dalam rangkaian pendidikan dan pelatihan Qualified Internal Audit (QIA). Pada jenjang manajerial, Anda perlu mempelajari mengenai Corporate Governance, peran Internal Audit, manajemen Internal Audit I & 2, penugasan assurance & consulting, pelaporan kontrol internal, kualitas manajemen, presentation skills, skill komunikasi dalam audit internal dan manajemen strategik.

Related Articles

Mengenal Sertifikasi Internal Audit Certified Internal Audit

CIA atau yang biasa disebut dengan Certified Internal Audit merupakan sebuah pengakuan bagi auditor internal, yang ilmu dan kemampuannya sudah diakui. Certified Internal Audit (CIA) atau di Indonesia sama dengan Qualified Internal Audit (QIA) merupakan prestasi yang menunjukkan kualifikasi seseorang dengan kualitas dan profesional di bidang audit internal yang cukup tinggi dan diakui setara dengan auditor internal tingkat internasional.

Pentingnya Sertifikat Qualified Internal Audit

Qualified Internal Audit – Semua bidang pekerjaan saat ini mengutamakan karyawannya mempunyai keahlian dengan tingkat kredibilitas tinggi, dan salah satunya memiliki sertifikasi internasional. Peranan sertifikasi internasional ini penting sekali, sebab dengan adanya sertifikasi internasional bisa mendukung/membantu kita untuk mencari pekerjaan di pasar kerja secara global. Terlebih lagi pada tahun 2015 lalu, sudah ada Masyarakat Ekonomi Asia (MEA), dimana berlakunya sistem pasar bebas di kawasan Asia. Imbasnya orang-orang asing bebas masuk ke negara Indonesia, dan banyaknya perusahaan-perusahaan asing ke Indonesia mengharuskan kita bersaing dengan masyarakat luar dengan persaingan yang semakin ketat.

Responses