Qualified Internal Audit – Jenis Jenis Skema Sertifikasi Profesi

Qualified Internal Audit – Jenis Jenis Skema Sertifikasi Profesi

Qualified Internal Audit – Dalam menjalankan usahanya, kemampuan SDM yang handal termasuk kunci sukses sebuah perusahaan. Berapapun modal yang mereka miliki, kecanggihan sistem dan sarana yang dimiliki oleh perusahaan tanpa dukungan SDM yang handal, semua kelebihan tersebut tak akan berarti untuk menghadapi persaingan global bisnis yang kian ketat. Akan tetapi sayangnya tak sedikit perusahaan yang tak melakukan identifikasi terhadap kemampuan profesional para karyawannya.

Faktor penyebabnya pun beragam, seperti kurangnya pemahaman tentang pentingnya mengenal kemampuan karyawan, kurangnya dana untuk melakukan identifikasi kemampuan tenaga kerja, atau ketidakpedulian perusahaan terhadap capability karyawan. Padahal jika mengetahui kemampuan setiap karyawannya, maka sebuah perusahaan dapat mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan yang dimilikinya dengan lebih akurat dan akan berpengaruh pada tiap rencana bisnis dari perusahaan.

Jenis-Jenis Skema Sertifikasi

Skema sertifikasi adalah persyaratan sertifikasi yang spesifik dan berhubungan dengan kategori pekerjaan atau profesi yang telah ditetapkan menggunakan aturan, standar yang sama, dan prosedur yang juga sama. Sementara, tujuan dari sertifikasi profesi itu sendiri ialah untuk memelihara dan memastikan kompetensi yang sudah didapat lewat proses pembelajaran secara non formal, formal, pengalaman kerja, maupun pelatihan kerja. Berikut ada beberapa jenis skema sertifikasi bagi setiap profesi yang berlaku, diantaranya :

Skema Sertifikasi Kerangka Kualifikasi Nasional

Adalah sertifikasi profesi menurut kualifikasi nasional sebuah negara. Di negara Indonesia sendiri BNSP telah menerapkan 9 tingkat sertifikasi di setiap profesi. Jenis sertifikasi ini lebih mengutamakan kompetensi yang wajib dimiliki oleh sebuah fungsi, seperti pengawasan, pelatihan, dan sebagainya. Sertifikasi profesi tersebut sekaligus sebagai ukuran untuk seorang karyawan tentang tingkat kompetensinya serta menurut pasar kerja secara internasional.

Skema Sertifikasi Profesi Dengan Kualifikasi Okupasi Nasional

Sertifikasi jenis ini lebih menekankan kompetensi yang wajib dimiliki oleh sebuah jabatan, seperti storeman, mekanik, dan sebagainya. Meskipun berasal dari perusahaan yang berbeda, biasanya standar kompetensi individu yang memegang jabatan tertentu dapat diukur, contohnya seorang sales sebuah perusahaan peralatan berat dengan sales bisnis properti.

Skema Sertifikasi Profesi Paket

Sertifikasi profesi tersebut adalah penjabaran lebih lengkap dari sertifikasi profesi kualifikasi okupansi nasional. Sertifikasi jenis ini lebih mengutamakan kompetensi individu terhadap sebuah perusahaan yang spesifik. Contohnya, supervisor service di sebuah perusahaan peralatan berat. Sesudah melewati assessment, ia dapat mengetahui tingkat kemampuannya sebagai supervisor yang bergelut di industri peralatan berat nasional.

Skema Sertifikasi Profesi Unit Kompetensi

Jenis sertifikasi ini sama dengan standar kompetensi yang diaplikasikan di berbagai perusahaan dalam sebuah kompetensi tertentu.. Contohnya senior mekanik perusahaan peralatan berat harus mempunyai kompetensi melakukan daily maintenance unit peralatan berat, melakukan troubleshooting dan service berkala, selain bisa mengoperasikan peralatan berat untuk kebutuhan maintenance. Jika assesment yang akan dilakukan perusahaan hanya melihat kemampuan karyawan berdasarkan sistem dan produk, dengan menggunakan skema sertifikasi profesi unit kompetensi ini, senior mekanik dapat mengetahui tingkat capabilitynya untuk melakukan maintenance sehari-hari pada peralatan berat secara nasional.

Sertifikasi Qualified Internal Audit

Sertifikasi qualified internal auditor merupakan salah satu sertifikat profesi di bidang internal audit, untuk mengawasi internal perusahaan, mengecek dan memperbaiki sistem atau manajemen perusahaan sesuai rencana awal, melakukan audit secara berkala, dan sebagainya. Untuk membentuk kegiatan audit internal berdaya guna, pihak DSQIA (Dewan Sertifikasi Qualified Internal Auditor) menyusun kurikulum untuk pendidikan sekaligus menyetujui sistem pengembangan auditor internal lewat pengadaan sertifikat QIA ini. Untuk informasi mengenai sertifikat Qualified Internal Audit lengkapnya, Anda bisa langsung mengunjungi situs resminya di https://dsqia.or.id/

Related Articles

Tentang Sertifikat Qualified Internal Audit

ualified Internal Audit (QIA) – Internal audit atau audit internal mempunyai peranan penting bagi perjalanan sebuah perusahaan. Di era modern seperti sekarang ini, perkembangan sebuah manajemen organisasi perusahaan sangat membutuhkan peran dari audit internal. Dimana audit internal ini berperan sebagai pendukung manajemen perusahaan untuk mengontrol sistem manajemen perusahaan apakah berjalan sesuai rencana ataukah tidak.

Qualified Internal Audit : Macam-Macam Sertifikasi Profesi Akuntansi

geluti. Menurut pasar tenaga kerja sendiri,sertifikat profesional individu merupakan nilai jual individu tersebut, karena dengan sertifikat ini dapat membedakan tingkat keahlian dan kualitas seorang pegawai dibandingkan tenaga kerja atau pegawai lainnya.. Contohnya, seseorang dengan sertifikasi qualified internal audit akan terlihat lebih berkredibel dan dipercaya oleh pihak manajemen perusahaan dalam melakukan audit perusahaan jika dibandingkan seseorang yang tak memilikinya.

Pentingnya Sertifikat Qualified Internal Audit

Qualified Internal Audit – Semua bidang pekerjaan saat ini mengutamakan karyawannya mempunyai keahlian dengan tingkat kredibilitas tinggi, dan salah satunya memiliki sertifikasi internasional. Peranan sertifikasi internasional ini penting sekali, sebab dengan adanya sertifikasi internasional bisa mendukung/membantu kita untuk mencari pekerjaan di pasar kerja secara global. Terlebih lagi pada tahun 2015 lalu, sudah ada Masyarakat Ekonomi Asia (MEA), dimana berlakunya sistem pasar bebas di kawasan Asia. Imbasnya orang-orang asing bebas masuk ke negara Indonesia, dan banyaknya perusahaan-perusahaan asing ke Indonesia mengharuskan kita bersaing dengan masyarakat luar dengan persaingan yang semakin ketat.

Responses