Sertifikasi Qualified Internal Audit (QIA)

Pengertian sertifikasi qualified internal audit

Sertifikasi qualified internal audit (QIA) adalah salah satu sertifikasi profesi di bidang audit internal untuk menunjukkan bentuk profesionalisme dan kualitas dari lembaga atau individu. Sertifikat QIA dapat dijadikan sebagai sebuah pengakuan bahwa individu tersebut telah memiliki pengetahuan serta keterampilan yang sama atau pun sejajar dengan persyaratan kualifikasi auditor internal internasional.

Sertifikasi qualified internal audit bisa didapatkan dari suatu lembaga yang memiliki wewenang untuk memberikannya yaitu dewan sertifikasi qualified internal auditor (DS – QIA).  DS – QIA terdiri dari para praktisi senior dan para pakar yang sudah sangat berpengalaman di bidang audit internal.

Siapa pun bisa mengajukan diri untuk mengikuti ujian sertifikasi qualified internal audit ini. Seperti BUMN, BUMS, BUMD, LSM, kalangan perguruan tinggi, lembaga pemerintahan, lembaga keagamaan, rumah sakit, maupun perseorangan atau individu. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengajukan pertimbangan penempatan dengan mengirim biodata diri atau CV kepada DS – QIA.

Materi sertifikasi qualified internal audit

Gelar QIA akan didapat jika telah dianggap lulus dari kurang lebih 20 jenis ujian yang dilaksanakan dalam lima jenjang atau tingkat pendidikan. Materi-materi ujian sertifikasi QIA dikembangkan berdasarkan hasil survei, analisis, dan evaluasi yang dilakukan langsung oleh institute internal auditor. Mereka akan merumuskan pengetahuan dan juga keterampilan apa saja yang harus dimiliki lembaga atau individu sehingga dapat dikatakan memiliki standar kualifikasi internal auditor internasional. Adapun materi pengetahuan dan keterampilan ujian sertifikasi QIA tersebut antara lain:

  1. Dasar I: fondasi audit internal dan standar profesi audit internal meliputi akuntansi keuangan, manajemen keuangan, dan teknik perilaku organisasi.
  2. Dasar II:
  3. Pengendalian dan manajemen resiko meliputi perencanaan dan perangkat penugasan, teknologi informasi, perpajakan, dan teknik keterampilan dalam manajemen.
  4. Pelaksanaan penugasan dan audit sampling meliputi teknologi informasi, manajemen operasi, serta teknik ekonomi mikro dan ekonomi makro.
  5. Fraud editing, komunikasi penugasan, perencanaan audit tahunan, dan audit operasional dan kerja meliputi akuntansi manajemen, dan teknologi informasi.
  6. Manajerial: corporate governance, current issues in auditing, dan peran internal audit dalam good corporate governance meliputi management internal audit function I, manajemen internal audit function II, penugasan assurance dan consulting, internal control reporting, management quality, serta teknik presentation skills, communication skills dalam audit internal, dan manajemen strategik.

Empat kategori kelompok materi di atas akan diberikan secara berkala dan bertahap yang akan disesuaikan dengan sifat keterampilan pengajuan sertifikasi QIA dan sejauh mana tingkat kompleksitasnya. Selain lulus dalam uji materi tersebut, penyandang gelar sertifikasi QIA harus mematuhi dan melaksanakan kode etik profesi, dan mau mengembangkan kemampuan diri melalui pendidikan profesional yang berkelanjutan oleh dewan sertifikasi.

Manfaat sertifikasi qualified internal audit

Sertifikat QIA memiliki tingkat sertifikat yang sejajar dengan sertifikat di 36 negara lain yang berbeda di dunia, sehingga QIA adalah sertifikat audit yang bertaraf internasional. Seperti pada tahun 2002, sertifikasi QIA telah diakui oleh organisasi profesi internasional, salah satunya adalah the institute of internal auditors (IIA) yang berpusat di Kota Florida, United State atau Amerika Serikat. Selain itu, sertifikasi QIA sejauh ini lebih diakui sehingga mempermudah pemegang sertifikasi QIA untuk mendapatkan sertifikat tingkat selanjutnya yaitu sertifikat risk management professional (CRMP) dengan waktu yang lebih singkat dan biaya yang lebih terjangkau.

Related Articles

Pentingnya Sertifikat Qualified Internal Audit

Qualified Internal Audit – Semua bidang pekerjaan saat ini mengutamakan karyawannya mempunyai keahlian dengan tingkat kredibilitas tinggi, dan salah satunya memiliki sertifikasi internasional. Peranan sertifikasi internasional ini penting sekali, sebab dengan adanya sertifikasi internasional bisa mendukung/membantu kita untuk mencari pekerjaan di pasar kerja secara global. Terlebih lagi pada tahun 2015 lalu, sudah ada Masyarakat Ekonomi Asia (MEA), dimana berlakunya sistem pasar bebas di kawasan Asia. Imbasnya orang-orang asing bebas masuk ke negara Indonesia, dan banyaknya perusahaan-perusahaan asing ke Indonesia mengharuskan kita bersaing dengan masyarakat luar dengan persaingan yang semakin ketat.

Mengenal Sertifikasi Internal Audit Certified Internal Audit

CIA atau yang biasa disebut dengan Certified Internal Audit merupakan sebuah pengakuan bagi auditor internal, yang ilmu dan kemampuannya sudah diakui. Certified Internal Audit (CIA) atau di Indonesia sama dengan Qualified Internal Audit (QIA) merupakan prestasi yang menunjukkan kualifikasi seseorang dengan kualitas dan profesional di bidang audit internal yang cukup tinggi dan diakui setara dengan auditor internal tingkat internasional.

Responses