Bagaimana Agar Lulus Ujian CIA atau QIA Dengan Mudah?

Bagaimana Agar Lulus Ujian CIA atau QIA Dengan Mudah?

Bagi Anda yang saat ini berniat mengikuti ujian CIA atau Qualified Internal Audit, tentu ada banyak hal yang harus dipersiapkan agar dapat melewati ujian tersebut dengan lancar dan mendapatkan sertifikat internal auditor. Belajar merupakan modal utama yang perlu disiapkan sejak jauh-jauh hari. Namun, bagi yang belum pernah mencoba mengikuti tes, Anda tentu penasaran apa saja persiapan dan materi yang harus dipelajari untuk ujian tersebut.

Tentang Sertifikasi CIA

Sertifikasi CIA diberikan oleh Institusi Internal Auditor dan menjadi satu-satunya kualifikasi auditor internal yang dapat diterima secara global. Selain itu, sertifikasi CIA juga menjadi sertifikat yang paling populer di bidang audit internal. Jika Anda saat ini berprofesi sebagai auditor internal atau eksternal, untuk mendapatkan sertifikasi CIA ini tidak akan terlalu sulit. Untuk memudahkan Anda mempersiapkan diri mengikuti tes CIA, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Materi yang Perlu Dipelajari

Anda dapat mengikuti kursus Qualified Internal Audit atau belajar secara mandiri di rumah menggunakan bahan-bahan atau buku dari Gleim. Salah satu kunci utama untuk sukses dan meningkatkan peluang untuk melewati ujian CIA adalah mengerjakan latihan soal sebanyak mungkin. Semakin banyak latihan soal yang dipelajari, maka semakin besar pula kesempatan Anda untuk lulus. Kebanyakan materi dan contoh soal dari Gleim akan keluar dalam pertanyaan ujian yang sesungguhnya di bagian pertama dan kedua.

Sama seperti ujian CPA atau CMA, ujian CIA juga sepenuhnya berbasis komputer. Untuk itu, Anda juga disarankan untuk mencoba berlatih melalui software komputer yang saat ini sudah banyak tersedia. Selama ujian CIA berlangsung, Anda tidak perlu repot-repot untuk melakukan pengaturan pada aplikasi komputer tersebut karena Anda hanya tinggal mengerjakannya. Selain itu, saat ini juga sudah terdapat layanan kursus CIA secara online dan materi ajar yang dapat dipelajari secara mandiri sehingga memberikan fleksibilitas yang besar dan Anda dapat belajar dari mana saja.

Belajar Secara Sistematis

Supaya Anda benar-benar siap menghadapi ujian CIA bagian pertama dan kedua, Anda perlu menyiapkan diri dengan belajar secara sistematis. Anda dapat mengatur strategi dengan belajar selama 10 – 15 menit per hari selama 2 bulan sebelum waktu ujian. Untuk kedua bagian tersebut, pendekatan ini cukup efektif. Tetapi karena materi pada bagian 3 lebih banyak, maka Anda perlu belajar lebih giat untuk menghadapi ujian CIA bagian 3 dengan waktu belajar sekitar 30 menit per hari.

Persiapan Untuk Ujian Bagian Pertama

Pertanyaan – pertanyaan yang muncul dalam ujian bagian pertama lebih fokus pada teori – teori tentang Standar Internasional dan kode etik IIA. Anda tidak cukup hanya membaca materi-materi ujian tersebut tetapi juga harus menguasai pengetahuan yang lebih mendalam dari materi tersebut. Selain itu, jangan terlalu fokus pada analisis statistic karena jumlah pertanyaan dari topik ini tergolong cukup sedikit.

Persiapan Untuk Ujian Bagian Kedua

Beberapa topik pada ujian bagian pertama dan kedua ada yang beririsan dan hampir sama. Untuk itu, Anda sebaiknya menjadwalkan waktu ujian antara bagian pertama dan kedua tidak terlalu jauh dengan maksimal jeda 1,5 bulan. Cara ini memungkinkan Anda memanfaatkan waktu secara efisien. Pasalnya Anda hanya perlu belajar topik baru untuk ujian kedua dan mengingat kembali topik yang sudah dipelajari dari ujian bagian pertama.

Persiapan Untuk Ujian Bagian Ketiga

Jangan menghabiskan waktu terlalu banyak untuk perhitungan cepat pada laporan keuangan atau perhitungan biaya akuntansi. Alasannya pada ujian yang sesungguhnya, soal-soal yang keluar lebih banyak bersifat konseptual.

Related Articles

Cara Menentukan Jadwal Belajar yang Efektif Untuk Persiapan Sertifikasi Internal Audit

a sudah memiliki latar belakang pendidikan yang memadai, berpengalaman di bidang audit internal, dan bekerja di bidang audit, maka sudah selayaknya Anda menyiapkan diri untuk mengikuti ujian CIA atau Qualified Internal Audit untuk mendapatkan sertifikat . Mendapatkan sertifikat CIA dapat menjadi tahap final untuk menjadi Internal Auditor yang bersertifikasi dan memulai karir yang lebih baik.

Jenis-jenis Pekerjaan yang Memerlukan Sertifikasi Internal Audit

Sertifikasi internal audit atau yang juga sering disebut dengan CIA memberikan kesempatan yang besar bagi Anda yang bekerja di bidang audit. Menurut IIA, memiliki CIA dapat meningkatkan potensi penghasilkan hingga 40%. Tentunya kenaikan gaji yang lebih besar dan karir yang lebih baik ketika memiliki sertifikat qualified internal audit cukup masuk akal karena tidak mudah untuk melalui ujian tersebut.

Hal yang Perlu Diketahui Tentang Ujian Sertifikasi Internal Audit

Bagi Anda yang berencana untuk mendapatkan sertifikasi CIA atau Qualified Internal Audit dan belum pernah mengikuti ujian tersebut sebelumnya, Anda tentu ingin tahu tips dan trik untuk menghadapi ujian tersebut. Sekedar informasi, mengikuti ujian CIA merupakan hal yang gampang – gampang susah. Tetapi jika Anda mempersiapkan diri dengan matang, ujian tersebut tentu dapat Anda lewati dengan lancar. Berikut ini adalah beberapa tips dan trik yang dapat dicoba supaya Anda dapat melewati ujian CIA dalam waktu 4 bulan setelah melakukan pendaftaran.

Inilah Tahap Untuk Mendapat Sertifikasi Internal Audit

CIA atau Certified Internal Auditor merupakan satu-satunya gelar sertifikasi yang diakui secara global untuk profesi auditor internal. Untuk memperoleh gelar tersebut, Anda wajib lulus dalam 4 bagian ujian di mana masing-masing merepresentasikan uji kompetensi dan juga profesionalisme di bidang audit internal. Untuk mendapatkan sertifikasi CIA atau menjadi Qualified Internal Audit, ada beberapa langkah yang perlu Anda perhatikan yaitu sebagai berikut.

Responses