Gelar Sertifikasi QIA dan Keuntungan Memilikinya Tentang Gelar QIA

Qualified Internal Audit (QIA) merupakan sebuah gelar kualifikasi di bidang internal auditing. Gelar QIA seperti simbol adanya kualitas dan juga profesionalisme yang dimiliki seseorang. Dimana seseorang yang mendapat gelar QIA diakui mempunyai keterampilan dan pengetahuan setara dengan The IIA Recognition atau kualifikasi internal auditor tingkat internasional. Hal ini sebagaimana adanya pengakuan sertifikat QIA oleh organisasi profesi internasional pada tahun 2002 lalu. Selebihnya disebutkan bahwa sertifikat QIA memiliki tingkatan yang sama dengan sertifikat di 36 negara di dunia.

Gelar QIA bisa didapat seseorang yang sudah lulus dari serangkaian ujian. Total ujian yang harus dilalui kurang lebih ada sebanyak 20 ujian yang diadakan di lima tingkat pendidikan berbeda. Selain itu, kandidat penerima gelar sebaiknya juga mempunyai pengalaman kerja di bidang audit internal sekurang-kurangnya 1 tahun. Gelar Qualified Internal Audit akan diberikan langsung oleh Dewan Sertifikasi QIA atau DS-QIA yang terdiri atas para ahli atau praktisi senior di bidang internal auditing.

Bagi Anda yang sudah memenuhi persyaratan di atas bisa mengajukan sebuah pengajuan untuk mendapat sertifikat QIA. Baik untuk Anda yang memiliki pengalaman kerja, pernah mengikuti pelatihan, atau mempunyai latar belakang pendidikan di bidang auditing. Anda bisa langsung mengajukan pertimbangan penempatan ke pihak Dewan Sertifikasi QIA. Caranya cukup dengan mengirim CV atau biodata lengkap. Dimana di tiap pertemuan mingguan DS-QIA akan memberikan hasil keputusan penempatan.

Adapun belum lama ini juga dikembangkan pola kerjasama pendidikan audit internal yang dikenal sebagai KPAI. Pola kerjasama tersebut sudah diterapkan di sejumlah perguruan tinggi dan universitas di berbagai kota di tanah air. Kerjasama ini tetap dipertahankan dalam rangka memberi pelatihan dan juga sertifikasi audit internal tingkat dasar dan lanjutan. Hal ini agar para mahasiswa memperoleh kesempatan dan keuntungan lebih saat telah selesai dengan studinya di universitas. Sehingga para mahasiswa bisa lebih siap masuk ke dunia kerja di sejumlah perusahaan.

Adanya kerjasama di sejumlah universitas juga memberi manfaat lain. Seperti pemberian pelatihan dan pengembangan sertifikasi yang lebih merata. Sehingga kedepannya diharapkan audit internal dapat menjadi profesi yang memiliki disiplin ilmu sendiri.

Pemegang Sertifikat QIA dan Keuntungannya

Diketahui dari data yang diambil tahun 2011 sampai sekarang sudah ada lebih dari 3000 orang yang memiliki sertifikatQualified Internal Audit. Pemilik sertifikat tersebut memiliki latar belakang berbeda. Sebut saja diantaranya ada staf junior sampai jajaran direksi di sejumlah instansi bergengsi. Baik BUMS, BUMD, BUMN, LSM, lembaga keagamaan, lembaga pemerintahan, rumah sakit, atau instansi lainnya.

Pemilik sertifikat QIA memiliki banyak keuntungan. Terlebih setelah adanya kerjasama antara Dewan Sertifikasi QIA dengan LSPMR (Lembaga Sertifikasi Profesi Manajemen Risiko). Adanya kerjasama tersebut menghasilkan pengakuan sejumlah modul sertifikasi QIA. Dengan demikian para kandidat yang tengah berupaya memperoleh sertifikat CRMP (Certified Risk Management Professional) tidak lagi membutuhkan waktu lama. Prosesnya kini relatif lebih cepat. Biaya yang dibutuhkan pun konon juga jauh lebih hemat.

Pemegang sertifikat QIA harus mematuhi standar dan juga kode etik profesi yang ditetapkan oleh DS-QIA. Hal ini penting seperlu menjaga mutu pelaksanaan tugas-tugas dari pemilik sertifikat QIA itu sendiri. Pemilik sertifikat QIA juga bisa aktif mengikuti PPL atau pendidikan profesi berkelanjutan sekurang-kurangnya 180 jam selama 3 tahun. Kegiatan tambahan ini diperlukan perlu mengembangkan kemampuan diri para pemilik sertifikat Qualified Internal Audit.

Related Articles

Sertifikasi Qualified Internal Audit

Qualified Internal Audit atau QIA merupakan sertifikasi profesi di bidang audit internal yang dimana sertifikasi tersebut menunjukkan kualitas dan juga profesionalisme dari seseorang pemegang sertifikat tersebut. Sertifikat QIA juga dapat menunjukkan bahwa seseorang telah memiliki kualitas dan pengetahuan yang sama dengan internal audit skala internasional.

Tentang Sertifikat Qualified Internal Audit

ualified Internal Audit (QIA) – Internal audit atau audit internal mempunyai peranan penting bagi perjalanan sebuah perusahaan. Di era modern seperti sekarang ini, perkembangan sebuah manajemen organisasi perusahaan sangat membutuhkan peran dari audit internal. Dimana audit internal ini berperan sebagai pendukung manajemen perusahaan untuk mengontrol sistem manajemen perusahaan apakah berjalan sesuai rencana ataukah tidak.

Qualified Internal Audit : Macam-Macam Sertifikasi Profesi Akuntansi

geluti. Menurut pasar tenaga kerja sendiri,sertifikat profesional individu merupakan nilai jual individu tersebut, karena dengan sertifikat ini dapat membedakan tingkat keahlian dan kualitas seorang pegawai dibandingkan tenaga kerja atau pegawai lainnya.. Contohnya, seseorang dengan sertifikasi qualified internal audit akan terlihat lebih berkredibel dan dipercaya oleh pihak manajemen perusahaan dalam melakukan audit perusahaan jika dibandingkan seseorang yang tak memilikinya.

Responses