Silabus Untuk Ujian Sertifikasi Internal Audit

Silabus Untuk Ujian Sertifikasi Internal Audit

Sertifikasi CIA atau Qualified Internal Audit merupakan salah satu pencapaian penting bagi Anda yang bekerja di bidang audit karena sebagai pengakuan bahwa Anda merupakan auditor internal professional. Apalagi sertifikat tersebut juga diakui secara global. Dalam mempersiapkan diri menghadapi ujian, Anda perlu meluangkan waktu sejak jauh – jauh hari untuk belajar. Sebaiknya, jangan terlalu percaya diri terhadap kemampuan diri tetapi juga tidak pesimis terhadap tingkat kesulitan soal ujian.

Sekedar informasi, ujian CIA atau Qualified Internal Audit dilakukan berdasarkan standar IIA yang telah melakukan kajian dari beberapa tes di seluruh dunia. Saat ini sudah ada banyak latihan ujian internal audit yang berlaku di Indonesia namun tidak sesuai standar IIA. Meskipun Anda seorang praktisi berpengalaman dan telah diakui expert versi Indonesia, jangan beranggapan bahwa yang Anda ketahui sesuai dengan standar IIA. Contohnya Kepala SPI di Indonesia bertanggung jawab pada Direktur Utama. Tetapi berdasarkan standar IIA, auditor secara fungsional bertanggung jawab ke Komite Audit dan kepada CEO secara administratif.

Hal yang Perlu Dipelajari Untuk Ujian Sertifikasi CIA

Ujian CIA sejak tahun 2013 telah berubah dari 4 part jadi 3 part. Bagi Anda yang sedang menyiapkan ujian tersebut, berikut ini adalah silabus dari ujian CIA yang perlu dipelajari.

Part 1 : Internal Audit Basics

  1. Mandatory Guidance (bobot soal 35% – 45%)
  2. Conducting Internal Audit Engagements – Audit Techniques and Tools (bobot soal 28% – 38%)
  3. Internal Control and Risk (bobot soal 25% – 35%)

Part 2: Internal Audit Practice

  1. Fraud risk & controls (bobot soal 5%-15%)
  2. Managing individual engagement (bobot soal 40% -50%)
  3. Managing the internal audit function (bobot soal 40% – 50%)

Part 3: internal Audit Knowledge Elements

  1. Risk management (bobot soal 10% – 20%)
  2. Governance/Business Ethics (bobot soal 5%-15%)
  3. Communication (bobot 5%-10%)
  4. Organizational Structure/Business Process & Risks (bobot soal 15%-25%)
  5. IT/Business Continuity (bobot 15%-25%)
  6. Management/Leadership Principles (bobot soal 10%-20%)
  7. Global Business Environment (bobot soal 0%-10%)

Buku Untuk Persiapan Ujian CIA

Ada beberapa referensi buku yang dapat Anda siapkan untuk ujian sertifikasi CIA yaitu sebagai berikut:

  1. IPPF (Kode etik, standard, dan practice advisories)
  2. Paket Gleim (buku, audio, dan latihan soal)
  3. Buku CIA Learning System
  4. Buku dan referensi yang berkaitan dengan silabus

Anda dapat mempelajari CIA Learning System dan IPPF secara bersamaan. Contohnya, baca dulu CIA Learning System di satu Seksi kemudian baca Standard and Practice Advisories yang berkaitan dengan seksi tersebut. Kemudian latihan soal dari GLEIM.  Pembahasan yang terdapat di dalam CIA Learning System bersifat uraian. Ketika Anda kesulitan memahami maksud dari materi yang ada di buku tersebut, Anda dapat browsing internet untuk menemukan artinya dan membaca artikel – artikel terkait sampai benar-benar memahaminya.

Sebelum Anda mengikuti ujian Qualified Internal Audit, Anda perlu memastikan bahwa Anda sudah memiliki latar belakang pendidikan yang sesuai. Kandidat CIA minimal harus memiliki gelar empat tahun pasca sekunder. Gelar tersebut wajib berasal dari universitas yang telah terakreditasi dan diakui oleh IIA. Untuk bukti pendidikan selesai, Anda nanti akan diminta menunjukkan salinan transkrip dan gelar resmi, surat dari universitas yang mengkonfirmasi gelar Anda, dan surat dari layanan evaluasi yang menegaskan level gelar Anda. Selain itu, Anda juga wajib memenuhi sejumlah pengalaman kerja untuk pra-CIA.

Related Articles

Hal yang Perlu Diketahui Tentang Ujian Sertifikasi Internal Audit

Bagi Anda yang berencana untuk mendapatkan sertifikasi CIA atau Qualified Internal Audit dan belum pernah mengikuti ujian tersebut sebelumnya, Anda tentu ingin tahu tips dan trik untuk menghadapi ujian tersebut. Sekedar informasi, mengikuti ujian CIA merupakan hal yang gampang – gampang susah. Tetapi jika Anda mempersiapkan diri dengan matang, ujian tersebut tentu dapat Anda lewati dengan lancar. Berikut ini adalah beberapa tips dan trik yang dapat dicoba supaya Anda dapat melewati ujian CIA dalam waktu 4 bulan setelah melakukan pendaftaran.

Bagaimana Agar Lulus Ujian CIA atau QIA Dengan Mudah?

Audit, tentu ada banyak hal yang harus dipersiapkan agar dapat melewati ujian tersebut dengan lancar dan mendapatkan sertifikat internal auditor. Belajar merupakan modal utama yang perlu disiapkan sejak jauh-jauh hari. Namun, bagi yang belum pernah mencoba mengikuti tes, Anda tentu penasaran apa saja persiapan dan materi yang harus dipelajari untuk ujian tersebut.

Inilah Tahap Untuk Mendapat Sertifikasi Internal Audit

CIA atau Certified Internal Auditor merupakan satu-satunya gelar sertifikasi yang diakui secara global untuk profesi auditor internal. Untuk memperoleh gelar tersebut, Anda wajib lulus dalam 4 bagian ujian di mana masing-masing merepresentasikan uji kompetensi dan juga profesionalisme di bidang audit internal. Untuk mendapatkan sertifikasi CIA atau menjadi Qualified Internal Audit, ada beberapa langkah yang perlu Anda perhatikan yaitu sebagai berikut.

Cara Menentukan Jadwal Belajar yang Efektif Untuk Persiapan Sertifikasi Internal Audit

a sudah memiliki latar belakang pendidikan yang memadai, berpengalaman di bidang audit internal, dan bekerja di bidang audit, maka sudah selayaknya Anda menyiapkan diri untuk mengikuti ujian CIA atau Qualified Internal Audit untuk mendapatkan sertifikat . Mendapatkan sertifikat CIA dapat menjadi tahap final untuk menjadi Internal Auditor yang bersertifikasi dan memulai karir yang lebih baik.

Syarat Wajib Dipenuhi Untuk Mendapatkan Sertifikasi Internal Audit

Sertifikasi internal audit atau CIA merupakan satu – satunya sertifikasi akuntansi professional yang diterima secara global. Siapa saja sebenarnya dapat belajar untuk menjadi QualifiedInternalAuditatau CIA. Tetapi, ada beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi. Jika Anda ingin menjadi CIA, Anda perlu memastikan bahwa Anda sudah memenuhi syarat kualifikasi yang dibutuhkan. Berikut ini adalah syarat – syaratnya secara rinci.

Responses